BAGAIMANA ILMU TEKNOLOGI INFORMASI MEMBANTU DALAM DUNIA USAHA (BISNIS)

Menghadapi era yang serba canggih memerlukan tenaga ekstra yang lebih kuat. Desakan dan himpitan hidup yang semakin ketat,membuat orang harus bisa memutar otak untuk mempertahankan hidupnya. Dunia kerja yang sekarang susah untuk dicapai, mau tidak mau menuntut setiap individu untuk mengeksplorasi apa yang ada.

Dahulu, manusia terbatas akan ruang dan waktu. Butuh waktu dan pengorbanan yang besar untuk sekedar memuaskan kebutuhannnya. Dapat dibayangkan ketika jaman berburu meramu, manusia harus berpindah tempat dari satu tempat ke tempat yang lain memakan waktu yang sangat lama. Mereka harus menempuh perjalanan jauh  untuk salinh berinteraksi antara satu sama lain. Dengan meningkatnya kecerdasan manusia, maka beralih dari jaman berburu ke jaman ladang berpindah. Manusia masih bergantung akan sumber daya alam. Disini dapat dkatakan bahwa manusia masih dengan ‘kebudayaan tradisional”. Manusia belum mampu untuk menaklukan alam dan cenderumg masih pasif. Beranjak ke arah yang lebih jauh, manusia berkembang dan memasuki jaman petani sawah irigasi.

Bermula dari jaman sawah irigasi (menetap) ini, manusia mulai menapaki langkah kecerdasaan yang baik. Banyak sekali kebudayaan yang terlahir dan tercipta pada masa ini. Diantaranya ada tujuh unsur budaya yaitu: (1) bahasa, (2) sistem teknologi, (3) sistem ekonomi, (4) organisasi sosial, (5) sistem pengetahuan, (6) kesenian, dan (7) sistem religi.

Pada mula ditemukannya mesin uap pertama oleh Thomas Newcomen di tahun 1712, maka terjadilah revolusioner besar-besaran yang dialami oleh umat manusia. Banyak sekali industri-industri yang lahir khususnya di negara Eropa Barat. Semakin pesatnya laju pertumbuhan industri, memancing berbagai riset dan studi ilmiah dalam berbagai bidang disiplin ilmu. Pengetahuan dan pengalaman manusia dijadikan bahan untuk perkembangan ilmu pengetahuan. Langkah positif yang ada, menghasilkan berbagai teknlogi-teknologi mutakhir yang mampu menjawab segala kebutuhan manusia. Alam sudah bukan lagi kendala bagi manusia untuk memuaskan kebutuhannya. Kini yang ada manusia aktif dan cenderung untuk menaklukan alam.

Abad ke-20 merupakan titik mula peradaban manusia yang paling gemilang. Dengan ditemukannya komputer pertama, membuat manusia leluasa untuk bekerja dan berbagi ke satu sama lain. Berbagai media yang ada membuat dunia ini semakin sempit. Manusia tidak perlu lagi membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaannya.

Semakin luasnya jaringan interaksi antar sesama manusia, maka kebutuhan akan teknologi informasi pun sangat dirasakan. Banyak sekali saluran komunikasi yang dirancang dan dipasang oleh manusia untuk memudahkan saluran berbagi data dan informasi. Munculnya internet menambah gebrakan baru dalam dunia telekomunikasi. Jarak dan waktu seakan ditekan tipis sehingga tidak ada lagi batasan untuk menjangkau tempat yang sejauh apa pun. Manusia dapat saling sharing, bertukar data dan informasi kapan pun dan dimanapun berada.

IT dalam peranannya di dunia usaha

Istilah teknologi informasi (TI) mulai populer di akhir tahun 70-an. Pada masa sebelumnya istilah teknologi informasi biasa disebut teknologi komputer atau pengolahan data elektronis (electronic data processing). Teknologi informasi didefinisikan sebagai teknologi pengolahan dan penyebaran data menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), komputer, komunikasi, dan elektronik digital. Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global[1].

Dengan demikian, secara umum teknologi informasi dapat diartikan sebagai suatu subyek yang luas yang berkenaan tentang teknologi dan aspek lain tentang bagaimana melakukan manajemen dan pemrosesan pengolahan data menjadi informasi. Teknologi informasi ini merupakan subsistem dari sistem informasi (information system). Terutama dalam tinjauan dari sudut pandang teknologinya.[2]

Berbicara tentang IT dalam dunia usaha, maka akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidental dan menyediakan banyak informasi dengan cepat dan tepat. Banyak perusahaan yang memanfaatkan media ini untuk kepentingan-kepentingan seperti: sistem perdagangan online, advertisement, dan lain sebagainya.

IT dan dunia kerja

Dunia kerja pada masa sekarang membutuhkan skill yang bagus yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Semakin canggihnya teknologi, menuntut juga untuk setiap individu dapat mengaplikasikannya.

Semasa yang silam, orang kesusahan untuk mencari informasi tentang berbagai lowongan pekerjaan yang mereka inginkan. Harus berkeliling kota seharian guna sekedar mencari informasi pekerjaan. Berbeda pada masa sekarang, dengan hanya mengakses situ web atau internet setiap orang dapat searching semua informasi yang mau diselami. Peranan internet sangat berarti dalam membantu dunia kerja saat sekaarang ini.

Apa pun pekerjaan yang digeluti atau apa pun profesi individu, sangat bertopang pada peranan IT. Dimana IT dapat menempatkan dirinya di setiap lini pekerjaan. Mulai dari pekerjaan office sampai ke pekerjaan rumahan, semua akan mengadopsi IT dan IT akan selalu menjadi suatu inovasi yang akan membawa dunia usaha semakin berkembang.

Jadi, sudah seyogyanya  setiap individu untuk dapat menerapkan IT dalam segala bidang profesi. Teruslah tumbuh dan berkembang dunia usaha dengan semakin berkembangnya pula dunia Infofmasi dan Teknologi (IT)


[1] Arief Rahmana, dalam seminar Aplikasi Teknologi Informasi 2009. Yogjakarta

[2] Ibid.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s